SI MONIKA ALBERT (SISTIM INFORMASI MONITORING DAN KENDALI ALAT BERAT) DPU KABUPATEN BANYUMAS

SI MONIKA ALBERT (SISTIM INFORMASI MONITORING DAN KENDALI ALAT BERAT) DPU KABUPATEN BANYUMAS

Proyek pekerjaan fisik yang dilakukan di DPU Kabupaten Banyumas sebagian besar menggunakan alat berat, baik Wales ataupu Bakhoe atau Dam truck. Penggunaan kendaraan berat ini sering tidak efektif bahkan bias saja menjadi penyimpangan dalam sewa alat tersebut. Efektifitas waktu sering kali dislahgunakan untuk kepentingan para operator atau menganggur terlalu lama di tempat lain. Hal ini berdampak pada kerusakan alat dan menurunnya retribusi pendapatan yang ditargetkan.

Dinas Pekerjaan Umum melalui UPTD Perbekalan dan Alat berat (ALKAL) mempunyai tusi diantaranya penyewaan kendaraan berat atau alat berat, dari persewaan tersebut ditarget retribusi pendapatan setiap tahun. Penggunaan GPS pada kendaraan berat akan memantau posisi kendaraan sehingga lebih efektif dalam pengaturannya. Pada saat pada pekerjaan fisik, manajemen alat berat sangat dibutuhkan. Baiknya manjemen alat berat akan mengefektifkan pemakaian alat tersebut yang berimbas pada termonitoringnya alat berat. Dengan termonitoringnya alat berat maka pengaturan dan distribusi lebih mudah sehingga alat terdistribusi sesuai kebutuhannya, sehingga pemakaian juga efektif dan berimbas pada kenaikan retribusi.

Inovasi ini mempunyai sisi inovasi :

Cepat : monitoring dan perpindahan/mobilisasi kendaraan alat berat lebih cepat dan

              terarah.

Tanggap : inovasi ini tanggap dan presisi sesuai dengan lokasi kendaraan dan lokasi

              yang akan di tuju selanjutnya.

Tuntas : dengan cepat dan tanggap untuk mobilisasi maka waktu pengerjaan lebi

              cepat/sesuai jadwa; sehingga pekerjaan tuntas seseuai waktu sewa.

Inovasi ini mampu memangkas birokrasi sewa alat yang relative lama, dengan langsung perpindahan alat ke lokasi selanjutnya.

Inovasi ini didukung anggaran untuk maintenance aplikasi berbasis android dan Mapping, dan pembelian alat GPS.

Inovasi ini focus pada manajemen/tata kelola sewa alat berat, sebagai model pemecahan masalah keberadaan alat berat, lama sewa dan maintenance alat berat itu sendiri.

 

Related Posts

Komentar